Jumat, 21 Juni 2019

Arsitektur atau Teknik Sipil ???

Assalamu'alaikum rekan-rekan sekalian.... 
Seperti memilih Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi ???  Kalau anda seorang fans barca tentu langsung pilih Messi, pun begitu jika anda seorang fans madrid tentu CR7 pilihannya....  Tapi bagi fans netral bagaimana??? 

Kanapa jadi bahas bola sih hahahhaha 


Ya arsitektur dan civil engineering itu serat kaitannya dalam bidang dunia konstruksi.  Meninggalkan salah satunya berarti suatu kesalahan,  karena baik arsitektur maupun civil engineering sendi utama penopang suatu proyek.  Meskipun bukan satu-satunya karena ada juga elemen (ME)  didalamnya (Mechanical n Electrical)  tapi dalam tulisan kali ini saya tidak membahas soal (ME). 


1. Architecture

Pertama-tama kita bahas soal architecture,  ya suatu disiplin ilmu yang mengedepankan sisi keindahan,  rasa dan seni.  Kenapa menjadi penting,  bayangkan jika suatu project besar meninggalkan aspek arsitektur di dalamnya.....  Yang ada hanyalah hampa, kosong dan gelap seperti hatiku tanpa dirimu hueeekkk  hahahhaha....  

Ya sisi architecture inilah yang membuat suatu mahakarya terlihat mewah, megah, indah,  sudut pandang,  sisi lengkung,  dan aspek emosional suatu bangunan jadi lebih hidup 


Maka Berbanggalah kalian para arsitektur yang memiliki skill dan jiwa seni yang tinggi menjadikan para bangunan monumental sebagai simbol suatu kota atau negara.  Atau bagi kalian yang suka pada seni design yang ingin terjun ke dunia konstruksi, maka arsitektur menjadi pilihan terbaik mu. 
Kreativitas yang besar merupakan salah satu paramater yang bisa kalian jadikan bekal jika ingin menjadi arsitek

2. Civil engineering


Jauh berbeda dengan architecture,  civil engineering bisa dikatakan sangat kaku dalam hal keindahan, karena pada aspek ini yang terpenting ialah kekuatan bangunan.

  Ya, sebagai contoh sederhana ;

Jika suatu bangunan gedung roboh (ambruk)  maka pihak pertama yang harus menjelaskan kenapa suatu gedung tersebut bisa mengalami kegagalan struktur hingga bisa roboh adalah para civil engineer.  Alamak ngeri kali,  kalo bangunan keren arsitek yang dipuji tapi kalo roboh civil engineernya yang di cari-cari hahahahahhaha

Ya seperti itulah gambaran sederhana nya.  Jadi sudah bisa terbayang kan temen-temen sekalian,  

Disiplin ilmu teknik sipil ini lebih komplek dan penuh perhitungan,  dimana metode pelaksanaan,material penyusun, design struktur dan faktor alam sekitar menjadi parameter penting dalam keberhasilan para civil engineering  pada dunia konstruksi. Bagi temen-temen yang memiliki passion lebih dalam berhitung (ilmu eksak)  makan disiplin ilmu teknik sipil ini cocok buat kalian sebagai pilihan dalam berkarier di dunia konstruksi. 

Namun kembali diawal pada akhirnya semua memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing,  baik architecture dan civil engineering adalah 2 hal terbaik baik temen-temen yang akan berkecimpung di dunia konstruksi, mempelajari keduanya adalah pilihan terbaik.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar